Bimbing Siswa yang Tak Lulus

Bimbing Siswa yang Belum Lulus

 

 

 

 

Oleh : ROHMAT

 (Guru SMK Negeri 1 Majalengka)

 

 

Tingkat kelulusan Ujian Nasional (UN) tingkat sekolah menengah pertama (SMP)/madrasah tsanawiah (MTs) di Jawa Barat mencapai 97,59 persen dari total peserta yang berjumlah 636.511 orang (PR, 7/5/10). Dengan demikian yang belum lulus dan harus mengulang pada tanggal 17-20 Mei mencapai 2,41 persen.

Bagi mereka yang telah berhasil kita ucapkan selamat dan mensyukuri nikmat yang telah diterimanya itu, jang sampai ada ueforia yang berlebihan, sehingga akan menjauhkan diri mereka kepada Sang Khalik. Kemudian yang telah lulus itu, kita dorong untuk melanjutkan pendidikan kejenjang yang lebih tinggi. Pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana langkah kita untuk membantu mereka yang belum berhasil UN tahap pertama? Bagaimana cara kita membantu mereka untuk mempersiapkan diri menghadapi ujian susulan nanti?

Disinilah peranan jiwa pendidik kita diuji. Selama tiga tahun kita mendidik, membimbing, memberikan pengayaan, dan langkah-langkah lainnya, pada kenyataannya belum berhasil secara maksimal. Kita dituntut untuk sabar dan bersikap bijak dalam menyikapi siswa yang belum lulus itu. Carilah solusi yang terbaik untuk membantu mereka yang belum berhasil dalam UN tahap pertama. Kesempatan bagi mereka masih sangat terbuka lebar. Sekarang bagaimana sikap kita, khususnya bagi kepala sekolah, guru, komite sekolah, dan para orang tua untuk membantu mereka serta memotivasi mereka untuk megikuti ujian susulan dan berhasil lulus.

            Caranya yaitu dengan membimbing dan kawal mereka, jangan membiarkan mereka mempersiapkan diri sendiri dalam menghadapi UN susulan nanti. Jangan lepas tanggung jawab membiarkan siswa yang harus mengulang ujian dengan bekerja keras sendiri-sendiri. Jangan biarkan mereka meratapi ketidakberuntungan UN tahap pertama lalu dengan kesedihan yang berkepanjangan yang akhirnya akan merugikan dirinya sendiri. Apalagi jika ada diantara mereka yang frustasi dengan kegagalan UN utama itu dan takut untuk mengikuti ujian susulan.

            Berilah bimbingan belajar untuk mata pelajaran yang belum lulus, memotivasi mereka untuk menghadapi ujian dengan tenang dan selalu berdo’a kepada Tuhan agar dimudahkan dalam menghadapi ujian susulan tersebut. Semoga UN susulan yang akan dihadapi nanti akan menghasilkan nilai yang diharapkan. Amin.

Tentang rohmat67

Staf Pengajar di SMK Negeri 1 Majalengka
Pos ini dipublikasikan di Psikologi. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s